JeJaring Sosial dan Remaja


 Dampak Jejaring Sosial


Facebook, twitter, atau semua hal yang termasuk jenis jejaring sosial sudah tak asing lagi kita dengar. Bahkan sebagian besar pengguna jejaring sosial itu adalah para remaja. Bahkan ada pemikiran bahwa mereka menggunakan jejaring sosial tersebut hanya untuk tren untuk mengikuti zaman semata. Namun dibalik nge-trennya jejaring sosial tersebut tentunya banyak dampakpositif juga negatif. Salah satu dampak positif yang dimiliki oleh jejaring sosial adalah menambah wawasan karena di dalam jejaring sosial kita bisa berbagi  ide juga berdiskusi. Kita juga bisa berkomunikasi dengan menggunakan jejaring sosial tersebut. Namun dampak negatif dari jejaring sosial tersebut, antara lain:
      1.  Prestasi jadi menurun. Hal ini dikarenakan banyak para remaja yang menghabiskan waktunya di depan komputer untuk ber-chatting ria walau pun hanya lewat dunia maya.
      2.  Kurang bertanggung jawab. Remaja biasanya izin untuk pergi ke warnet untuk mencari tugas-tugas di internet. Namun  disamping mencari tugas biasanya mereka “nyambi” untuk membuka jejaring sosial. Bahkan mereka bisa melupakan tugas/tujuan utama mereka pergi ke warnet.
      3.  Sering lupa waktu. Tentu saja hal ini bisa di buktikan jika para remaja sedang asik ber-chatting mereka tanpa sadar lupa jika mereka sudah lama di depan komputer tentunya ketika mereka membuka jejaring sosial.
      4.  Kurang bersosisalisasi dengan lingkungan sekitar. Seperti yang sudah di jelaskan pada point-point diatas. Mereka lebih menghabiskan waktu mereka di depan komputer utuk bersosialisasi dengan teman dunia maya mereka di banding dengan orang-orang yang ada di sekitar mereka. Hal ini akan menimbulkan sosialisasi antarteman,dengan  guru di sekolah, bahkan kelurga akan berkurang.

      5.  Menjadi awal masalah di dunia nyata. Jejaring sosial juga bisa sebagai temat untuk mengeluarkan uneg-uneg yang sedang dihadapi. Namun hal ini justru dapat menimbulkan masalah di dalam didunia nyata. Bisa saja pihak lain menerima (membaca) uneg-uneg kita adalah hal negatif sehingga dapat menimbulkan konflik.

      Itulah beberapa dampak yang dapat ditimbulkan oleh jejaring sosial. Sabagai remaja sebaiknya kita menghindari dampak-dampak negatif tersebut dengan cara lebih disiplin waktu, tidak mengumbar masalah yang sekiranya dapat menimbulkan masalah dikemudian hari. Karena perlu diketahui oleh para pembaca bahwa jejaring sosial dapat menimbulkan kecanduan. Sehingga mereka tidak dapat berkonsentrasi dengan pelajaran atau dengan pekerjaan mereka. Namun jangan salah!!! Kita juga bisa mengambil dampak positif disamping hal-hal negatif yang telah diuraikan tadi.

      semoga bermanfaat... :)

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar